feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

BYON... LeadVision Technology

KODE PPC ANDA

Dalam kurun waktu cukup singkat, komputer notebook menjadi fenomena yang secara perlahan menggantikan komputer desktop sebagai bagian dari evolusi perkembangan teknologi komunikasi informasi. Dalam perkembangannya, mobilitas memberikan makna penting berkat kemajuan teknologi jaringan yang menyebabkan terjadinya perubahan paradigma tentang komputer dan kaitannya dengan dimensi ruang maupun waktu.

Bersamaan dengan perubahan paradigma tentang ruang dan waktu ini, salah satu elemen penting kehadiran komputer notebook adalah skala ekonomi proses manufaktur yang menyebabkan terjadinya penurunan harga, menjadikan perangkat ini terjangkau oleh siapa saja dan dimana saja menghadirkan fenomena yang sama.

Di sisi lain, teknologi komunikasi informasi tidak lagi hanya menjadi dominasi negara-negara Barat seperti yang dikenal selama ini karena kehadiran merek-merek besar tadi. Kemampuan manufaktur teknologi yang banyak diserap berbagai negara, terutama di kawasan Asia-Pasifik, menghadirkan sebuah konsep lain yang disebut sebagai whitebox atau do-it-yourself (DIY).

Dalam kondisi seperti ini, sebenarnya masih banyak perusahaan dalam negeri yang berupaya menghadirkan merek-merek lokal sebagai sebuah pilihan alternatif terhadap merek multinasional. Salah satu merek baru yang muncul adalah BYON (baca "biyon"), merek lokal yang menghadirkan konsep menarik "beyond notebook" yang menjadi tren penting perkembangan teknologi komputer untuk masa lima tahun ke depan.

Hal sama juga dilakukan BYON, tapi bedanya komputer merek lokal ini dikembangkan berdsasarkan konsep barebone, memungkinkan kita menentukan sendiri pilihan prosesor, memori, maupun kapasitas hard disk, penggunaan pacu optik, dan beberapa pilihan lainnya. Selain itu, semua komponen yang terpasang pada notebook bermerek juga digunakan BYON yang didukung Intel Corp dan dikembangkan mencapai sekitar 11 negara di kawasan Asia-Pasifik.

Komputer notebook BYON dihadirkan sebagai sebuah terobosan penting pada saat macetnya penjualan komputer yang sekarang didominasi oleh perusahaan-perusahaan multinasional. Merek BYON yang juga diterjemahkan sebagai Build Your Own Notebook menghadirkan sebuah fenomena berbeda, memungkinkan berbagai seri yang dibuatnya (termasuk seri yang akan datang) memiliki keseragaman komponen, menggunakan baterai yang sama, adaptor listrik yang sama, serta komponen-komponen standar lain yang sama (seperti keyboard).

Notebook BYON merupakan langkah awal menuju terbentuknya manufaktur nasional, memberikan peluang berbagai pihak ikut mengembangkan komponen-komponen komputer yang menuju ke arah standardisasi. Artinya, pendekatan komponen secara blok (Common Building Block) memacu untuk membangun sendiri baterai, keyboard, adaptor listrik, pacu optik, monitor LCD, serta panel depan untuk dibuat secara lokal.

Buat pengguna, BYON adalah perubahan penting era komputer notebook yang akan menggantikan posisi komputer desktop. Bagi para penjual dan distributor, BYON adalah merek lokal baru yang menyelamatkan penghasilan akibat semakin menipisnya keuntungan, baik karena migrasi komputer desktop yang semakin kecil serta menurunnya harga-harga komputer secara masif.

Buat Indonesia, BYON membuka peluang baru dan menghindarkan ketergantungan impor teknologi komunikasi informasi yang semakin besar. Awalnya memang mengandalkan OEM, tapi pada skala yang meluas dan masal memberikan peluang tumbuhnya usaha dalam negeri untuk berkembang bersama.

KODE PPC ANDA

Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
0 komentar:

Posting Komentar